Sabtu, 02 Februari 2013

HUKUM II NEWTON


Materi pokok               :  Hukum-hukum  II Newton.
Indikator                      :  Mengenali gejala hukum  II  Newton dalam kehidupan sehari-hari.                
Pengalaman belajar     :  Mengamati gejala hukum II Newton.
Alat dan bahan            :  1. Dua penjepit kertas (salah satu lebih besar dari pada yang    lain).
                                       2. Dua kelereng (salah satu lebih besar dari pada yang lain).
                                       3. Benang (1 meter).
                                       4. Korek api.

Langkah kerja              :
  1. Tekanlah penjepit kecil, kemudian ikatlah dengan benang.
  2. Letakkan kelereng kecil di sebelah kiri bagian ujung penjepti yang di ikat, kemudian letakkan kelereng yang lebih besar pada sisi sebelah kanan.
  3. Nyalakan korek dan bakarlah benag ikatan pada penjepit. Amati keadaan ke dua kelereng setelah tali benang penjepit itu putus
  4. Ulangi percobaan pada langkah nomor 1-3 dengan menggunakan penjepit besar. Amati ke dua kelereng setelh tali ikatan pada penjepit putus. Bandinakan kecepatan dan jarak antara ke dua kelereng dengan percobaan yang menggunakan penjepit kecil.

Data hasil pengamatan :
  1. Pada saat tali ikatan pada penjepit kecil putus, kecepatan kelereng kecil lebih besar dari pada kelereng besar dan jarak tempuh kelereng kecil lebih besar dari pada kelereng besar.
  2. Pada saat tali ikatan  pada penjepit kecil putus,  kecepatan kelereng besar lambat dari pada kelereng keci dan jarak tempuh kelereng besar lambat dari pada kelereng kecil.
  1. Analisis hasil pengamatan : 1. Pada saat tali putus,ke dua kelereng terlempar karena mendapat gaya dari penjepit. Gaya yang di terima oleh ke dua kelereng tersebut sama besar. Kelereng kecil menempuh jarak lebih cepat dari pada kelereng besar. Hal ini berarti kelajuan kelereng kecil lebih cepat dari pada kelereng besar sehingga percepatan pada kelereng kecil lebih cepat dari pada kelereng besar . Dengan demikian, jika suatu benda mendapat gaya yang sama maka semakin kecil massa benda, percepatannya semakin cepat.
  2. Gaya yang di hasilkan oleh penjepit besar lebih besar dari pada pada gaya yang di hasilkan penjepit kecil sehingga ke dua kelereng terlempar lebih jauh di banding pada percobaan sebelumnya. Hal ini menunjukkuan bahwa semakin besar gaya yang bekerja pada benda yang massanya sama maka percepatan benda semakin cepat.

Kesimpulan  : Berdasarkan dari pengamatan di atas maka factor-faktor yang mempengaruhi percepetan benda adalah:
  1. Jika suatu benda mendapat gaya yang sama maka semakin kecil massa benda, percepatannya semakin cepat.
  2. Semakin besar gaya yang bekerja pada benda yang massanya sama maka percepatan benda semakin cepat

Bunyi hukum II Newton adalah percepatan yang di hasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu bendasebanding dan searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda
Di rumuskan dengan persamaan : a=∑.F

Keterangan : a= percepatan (m/s )
                     ∑= resultan gaya yang bekerja (Newton)
                     m= massa benda (kg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar