Sabtu, 02 Februari 2013

NEGARA VIETNAM


Jumlah Persebaran Penduduk

Etnis Vietnam aslinya berasal dari Vietnam utara dan Tiongkok selatan. Dalam tempo beberapa abad kelompok ini telah menaklukkan banyak wilayah yang dulunya merupakan kepunyaan Kerajaan Champa dan Kekaisaran Khmer. Mereka merupakan kelompok etnis yang dominan di kebanyakan provinsi Vietnam, dan jumlahnya cukup besar di Kamboja. Di bawah Khmer Rouge di Kamboja, mereka adalah kelompok yang paling dianiaya. Puluhan ribu orang dibunuh dalam sebuah pembantaian yang diorganisir rezim itu. Kebanyakan dari mereka yang berhasil selamat melarikan diri ke Vietnam.
Pada abad ke-16, beberapa orang Vietnam bermigrasi ke Thailand dan Tiongkok. Di Tiongkok, meskipun mereka lebih terpengaruh budaya Tiongkok, keturunan mereka masih dapat berbahasa Vietnam dan membentuk suku Gin di Tiongkok. Mereka termasuk kelompok-kelompok minoritas yang diakui di Republik Rakyat Tiongkok yang khususnya tinggal di atau di sekitar Provinsi Guangxi.
Ketika Perancis meninggalkan Vietnam pada 1954, sejumlah orang Vietnam bermigrasi ke Perancis. Namun demikian,, di Perancis sudah ada sejumlah etnis Vietnam yang menetap atau belajar di Perancis sejak setidak-tidaknya akhir Perang Dunia I. Sebagai akibat dari pembagian Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, hampir satu juta orang Vietnam bermigrasi dari utara ke selatan untuk melarikan diri dari penganiayaan yang sesungguhnya ataupun yang hanya diduga akan terjadi. Sementara itu, sekelompok orang selatan dalam jumlah yang jauh lebih kecil bergabung dengan pihak utara.
Akhir Perang Vietnam mendorong banyak orang lainnya untuk meninggalkan negara itu. Banyak yang kemudian menetap di Amerika Utara, Eropa Barat dan Australia. Puluhan ribu dikirim untuk bekerja atau belajar di Eropa Tengah dan Eropa Timur dan belakangan menetap di sana, sebagian terbesar di antaranya dari utara atau mereka yang tinggal di Vietnam yang dipersatukan kembali setelah 1975.



Sumber Daya Alam Negara Vietnam
Negara Vietnam yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Timur dengan bentuk wilayah memanjang dari Utara ke Selatan menjadikan negara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Bentang alamnya bervariatif dari dataran pantai hingga pegunungan. Banyaknya gunung api dan lembah sungai menyebabkan kondisi tanahnya sangat subur sehigga sangat menunjang kegiatan di sektor agraris. Di bidang pertanian Vietnam mampu menjadi lumbung beras di Asia Tenggara. Sementara itu hasil perkebunan meliputi tembakau, teh, kopi, dan karet. Sedangkan hasil pertambangan berupa minyak bumi, batubara, dan bijih besi.

Contoh Barang Perdagangan Negara Vietnam

Komoditas ekspor utama Vietnam masih didominasi oleh pertanian, perkebunan, dan hasil tambang yang meliputi beras, karet, kopra, aneka kayu, minyak bumi, dan bijih besi. Sedangkan impor utama adalah bahan bakar, besi, baja, pupuk, obat-obatan, dan bahan kimia.
            Ekspor barang dan tenaga kerja, industri pariwisata dan pengiriman uang dari luar negeri Vietnam telah sangat dipromosikan untuk menghasilkan pendapatan asing meningkat untuk Vietnam.

Jumlah Penduduk Negara Vietnam
Sensus tahun 1999 memperkirakan populasi Vietnam sekitar 76.3 juta dan perkiraan terkini memperkirakan melebihi 86 juta. Orang-orang Vietnam membentuk kelompok etnis terbesar, dan juga disebut Viet atau Kinh. Populasi mereka terkonsentrasi pada delta-delta endapan dan dataran rendah di tepi pantai. Kelompok sosial yang homogen, orang Kinh memengaruhi kehidupan nasional melalui kontrol mereka dalam urusan-urusan politik dan ekonomi dan peran mereka sebagai purveyor (orang yang menyediakan) kebudayaan yang dominan. Kontrasnya, kebanyakan etnis minoritas seperti orang Muong, etnis yang paling dekat hubungannya dengan orang Kinh, kebanyakan ditemukan di dataran tinggi yang meliputi dua pertiga luas keseluruhan negera. Orang Hoa (etnis Tionghoa) dan Khmer Krom kebanyakan tinggal di dataran rendah.



Kebudayaan Negara Vietnam
kebudayaan Vietnam sangat dipengaruhi nleh negara tetangga, RRT. Karena asosiasi lama dengan RRT, kebudayaan Vietnam tetap kuat berpegang teguh kepada Konfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yang kekeluargaan. Pendidikan dihargai sangat tinggi. Dalam sejarah, lulus dalam ujian Mandarin kerajaan adalah satu-satunya cara bagi seorang Vietnam untuk maju secara sosial.Dalam era sosialis, kehidupan kebudayaan Vietnam banyak dipengaruhi oleh media yang dikontrol pemerintah dan program budaya sosialis. Untuk beberapa dekade, pengaruh kebudayaan asing dihindarkan dan ditekankan kepada penghargaan dan sharing kebudayaan negara-negara komunis seperti Uni Soviet, Republik Rakyat Cina, Kuba, dll. Sejak tahun 1990an, Vietnam telah terekspos secara besar kepada kebudayaan dan media Asia Tenggara, Eropa dan Amerika.
Pakaian tradisional wanita disebut Ao Dai dan dipakai dalam momen-momen spesial seperti pernikahan, Tahun Baru Imlek atau festival-festival. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria tetapi sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.
Musik Vietnam sedikit berbeda berdasarkan tiga wilayah: Bac atau Utara, Trung atau Tengah dan Nam atau selatan. Musik klasik Utara adalah yang tertua di Vietnam dan secara tradisional lebih formal. Musik tradisional Vietnam dapat ditilas balik pada invasi Mongol, ketika orang-orang Vietnam menangkap sebuah grup opera Tiongkok. Musik klasik Tengah menunjukan pengaruh kebudayaan Champa dengan melodi melankolisnya. Musik Selatan memancarkan sikap laissez-= peraturan yang memperbolehkan kepemilikan swasta tanpa kontrol pemerintah / kebebasan.
Sepak bola adalah olahraga paling populer di Vietnam. Olahraga dan games seperti bulu tangkis, tenis, ping pong dan catur juga populer dengan porsi besar masyarakat. Baseball diperkenalkan selama kehadiran Amerika di Vietnam, juga mendapatkan cukup kepopuleran. Komunitas expat Vietnam membentuk bagian penting dalam kehidupan berbudaya Vietnam, memperkenalkan olahraga, film, musik dan aktivitas-aktivitas barat lainnya kepada Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar