Langkah pertama yang
paling penting ketika memutuskan untuk buka toko kelontong adalah menentukan
lokasi toko apalagi bisnis tersebut akan dijadikan sebagai bisnis
utama.Prioritas utama tentu menentukan lokasi yang strategis karena akan
berpengaruh besar terhadap Kesuksesan
Bisnis tersebut.Jangan sampai bisnis yang anda rintis kurang
berkembang hanya karena lokasi yang kurang strategis.Apabila anda pemula dan
sedang mencari lokasi yang strategis atau anda sudah memiliki lokasi namun
belum tahu apakah lokasinya strategis atau tidak gambaran dibawah ini bisa
membantu anda dalam menentukannya.
Lokasi bisa dikatakan strategis apabila memiliki ciri-ciri dibawah ini:
1.Lalu lintas warga.Maksud
warga disini berarti orang yang tinggal disekitar toko anda dan itulah target
pasar utama anda.harap dibedakan antara warga dengan orang umum.Sedangkan untuk
orang yang jauh(Orang lewat) dari toko anda target berikutnya.Secara logika
orang akan cenderung belanja ke toko yang terdekat dari pada harus
jauh-jauh.Kalau lokasinya diperumahan paling nggak posisi Hook/Pojok.
2.Depan jalan besar dan
Area parkir yang memadai.Hal ini akan sangat berguna untuk kelancaran
bisnis anda misalnya pengiriman barang.Perlu anda ketahui apabila anda
mendapatkan barang dari distributor langsung biasanya menggunakan mobil ada
yang mobil model minibus ada yang truk.Nggak kebayang khan kalau posisi
anda di jalan yang sempit? Dan juga untuk kenyamanan pembeli apalagi kalau
pembeli kebanyakan menggunakan motor tentu dengan tempat parkir yang memadai
akan membuat pembeli nyaman.
3.Jumlah pesaing.Semua
orang menginginkan tempat yang ramai dan nggak ada pesaing.Tapi rasanya sulit
menemukan tempat seperti itu.Bukan rahasia umum lagi kalau tempat yang ramai
banyak diincar para pebisnis toko kelontong baik secara sewa atau dibeli.Kalau
anda nggak percaya lihat saja keperumahan-perumahan selalu ada toko kelontong
ditempat-tempat strategis.Lantas apakah anda akan mengurungkan niat buka toko
hanya karena sudah ada pesaing.Sebenarnya Keberadaan pesaing yang lebih dulu
eksis apalagi sudah lama dan ramai pembeli bisa menjadi indikator bahwa tempat
tersebut berpotensi ramai.Hanya saja yang perlu diperhatikan berapa jumlah
pesaing kalau sudah banyak apalagi bermodal besar menurut saya sangat sulit
untuk berkembang.
4.Di daerah pemukiman
padat.Semakin banyak jumlah penduduk yang ada disekitar toko semakin
memperbesar peluang mendatangkan pembeli.
5.Mudah dijangkau.Dengan
posisi toko yang mudah dijangkau artinya untuk menuju ke toko aksesnya mudah
tidak harus belak-belok apalagi harus mutar muter dulu semakin memperbesar
potensi mendatangkan pembeli.
6.Dekat pusat keramaian.Banyak
keuntungan dengan posisi toko yang dekat dengan pusat keramaian atau tempat
berkumpul banyak orang misalnya Sekolah,Masjid,Kantor pemerintah,Pasar dan
lain-lain.Salah satu keuntungannya bisa promosi secara gratis.Anda tidak perlu
repot repot promosi keberadaan toko anda karena sudah pasti tiap hari banyak
yang melihat toko anda.
7.Multi segmen.Berbagai
macam profesi dan lapisan masyarakat ada disitu seperti pegawai,karyawan
pabrik,pedagang,Buruh harian,Anak sekolah,kalangan usia dari anak-anak,orang
dewasa,orang tua.
8.Keamanan.Merupakan
keharusan mempunyai bisnis ditempat/lingkungan yang aman dengan tingkat
kriminalitas yang rendah.
9.Kebersihan.Pernakah
anda belanja dipasar yang kotor,bau dan becek?tentu anda tidak akan betah
berlama-lama disitu beda kalau tempatnya bersih.Begitu juga ditoko,kalau
tempatnya bersih tentu pembeli akan betah berada ditoko.
10.Akses jalan lancar.Kondisi
jalan menuju toko bagus tidak banyak lubang,aspal masih mulus,Tidak banjir
ketika musim hujan,Tidak banyak portal,Polisi tidur,Pungli.
11.Mitra Pendukung.Mitra
usaha yang mendukung bisnis khususnya Untuk MendapatkanBarang
mulai dari Distributor sampai Agen sangat diperlukan karena Barang yang dijual
ditoko kelontong berbagai macam dan jenis barang.Jangan sampai Barang
yang dicari pembeli tidak ada hanya gara-gara susah mendapatkan barangnya
karena lokasinya jauh dari agen atau jarang agen atau distributor tidak
menjangkau lokasi tersebut.
Ke-11 Ciri diatas hanyalah
sekedar kesimpulan dari pengalaman pribadi saya bisa jadi kondisinya berbeda
dengan pengalaman anda.
Mudah-mudahan tulisan Saya
mengenai 11 Ciri Lokasi Strategis bisa membantu anda dalam menentukan
lokasi yang strategis untuk toko anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar