Sabtu, 18 Mei 2013

Jika Kau Lupakan Aku

                        Jika Kau Lupakan Aku
                        Pablo Neruda
                      
                        Aku ingin kau tahu
                        sesuatu
                        Kau tahu betapa ini:
                        jika kumemandang
                        pada rembulan kristal, pada cabang merah
                        musim gugur yang lamban di jendelaku,
                        jika kusentuh
                        tak jauh dari api
                        abu yang tak terasakan
                        atau batang kayu keriput,
                        segalanya membawaku kepadamu,
                        seolah apa pun yang ada,
                        aroma, cahaya, logam,
                        adalah perahu-perahu mungil
                        yang berlayar
                        menuju pulau-pulaumu yang menantikan aku.
                        Ya, kini,
                        jika perlahan-lahan kau berhenti mencintaiku
                        Aku akan berhenti mencintaimu perlahan-lahan
                        Jika tiba-tiba
                        kau lupakan aku
                        jangan memandang padaku,
                        karena aku telah melupakanmu.
                        Jika lama dan dengan gila kau memikirkannya,
                        angin kegemilangan
                        yang melampaui hidupku,
                        dan kau memutuskan
                        meninggalkanku di pantai
                        jantung di mana aku mengakar,
                        ingatlah
                        pada hari itu,
                        pada jam itu,
                        akan kuangkat lenganku
                        dan akar-akarku akan berangkat
                        mencari pulau lain.
                        Namun,
                        jika setiap hari,
                        setiap jam,
                        kau merasa ditakdirkan untukku
                        dengan sikap manis yang keras kepala
                        jika setiap hari sekuntum bunga
                        mendaki bibirmu mencari aku,
                        ah cintaku, ah milikku,
                        bagiku semua api itu terulang,
                        bagiku tak ada yang terpadamkan atau terlupakan,
                        cintaku membiak di cintamu, kekasih,
                        dan sepanjang hidupmu ia akan berada di genggamanmu
                        tanpa tinggalkan hidupku ***
                        Diterjemahkan oleh Eka Kurniawan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar